1.
Setelah
membaca contoh teks percakapan di atas,
cobalah melengkapi
percakapan di bawah ini! Kamu bebas melanjutkan isi percakapan tersebut.
percakapan di bawah ini! Kamu bebas melanjutkan isi percakapan tersebut.
Juara Kelas
Joni duduk dikelas IV SD Cermat 1. Joni anak yang pintar
dan pandai bergaul dan
punya banyak
teman. Teman-teman Joni antara lain
Selvi, Tika, Priyo, Dito,
Andi,
Toni, Dina, Yulia. Joni sedang
bercakap-cakap dengan teman-temannya dan beberapa
menit kemudian bel berbunyai masuk
kelas.
Bu Anita :
“Selamat pagi anak-anak?”
Anak-Anak :
“Pagi Bu Anita”.
Bu Guru :
“Hari ini Bu guru akan membagikan hasil ulangan yang kemarin kalian
kerjakan, kalian sudah
siap untuk melihat ulangan kemarin, anak-anak?”
Joni :
“Siap Bu Guru”.
Priyo :
“Takut Bu Guru”.
Bu Anita :
“Kenapa Priyo takut?”
Selvi :
“Priyo takut bu Guru kalau nilainya jelek, dia kan suka mencontek”.
Priyo :
“Yee.. siapa yang suka mencontek, kamu mungkin selvi".
Bu Anita :
“Sudah-sudah jangan ribut”.
Yulia :
“Selvi, kira-kira siapa ya yang mendapat nilai 10?”
Selvi :
“Emm.. siapa ya mungkin si Joni dia kan anaknya pandai”.
Yulia :
“_____________________________________________________”
Bu Guru :
“_____________________________________________________”
Joni :
“_____________________________________________________”
Priyo :
“_____________________________________________________”
Selvi :
“_____________________________________________________”
2.
Selanjutnya, bentuklah kelompok serta perankan teks percakapan
di atas
bersama kelompokmu masing-masing! Peragakan di depan kelas secara
bergantian dengan kelompok lain!
bersama kelompokmu masing-masing! Peragakan di depan kelas secara
bergantian dengan kelompok lain!
Ayo.. Kerjakan
latihan soal berikut ini untuk menguji pemahamanmu!
1. .... ongkos bus antar kota di Jakarta?
Kata tanya yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. kapan
b. di mana
c. mengapa
d. berapa
2.
Kata tanya “Bagaimana” menunjukkan maksud ....
a. Menanyakan tempat
b. Menanyakan waktu
c. Menanyakan orang
d. Menanyakan alasan
3. Langkah-langkah untuk membuat percakapan
sebagai berikut, kecuali ...
a. Menentukan
masalah yang akan dipercakapkan.
b. Menentukan pihak-pihak yang
bercakap-cakap.
c. Tidak harus menentukan situasi dan
kondisi percakapan.
d. Menggunakan kata yang tepat.
4.
Mereka mengungsi karena rumahnya
roboh akibat gempa bumi.
Kalimat
tanya yang tepat untuk jawaban
di
atas adalah ....
a. Mengapa mereka mengungsi?
b. Di mana mereka mengungsi?
c. Kapan mereka mengungsi?
d. Bagaimana mereka mengungsi?
a. Mengapa mereka mengungsi?
b. Di mana mereka mengungsi?
c. Kapan mereka mengungsi?
d. Bagaimana mereka mengungsi?
5. Fungsi dari tanda (:) adalah ....
a. untuk menunjukkan pelaku
percakapan
b. untuk tanda penghubung
c. untuk mengapit petikan langsung
yang berasal dari pembicaraan
d. untuk mengakhiri percakapan
6. Bayu : Don, mengapa bajumu kotor?
Doni : Aku jatuh dari sepeda.
Bayu : ..............................................
Doni : Jalan yang kulewati licin.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
percakapan di atas adalah....
a. Di mana kamu jatuh?
b. Mengapa jalannya licin?
c. Mengapa kamu jatuh?
d. Siapa yang menolong kamu?
a. Di mana kamu jatuh?
b. Mengapa jalannya licin?
c. Mengapa kamu jatuh?
d. Siapa yang menolong kamu?
7.
Percakapan dilakukan
sekurang-kurangnya......orang
a. 1 orang
b. 2 orang
c. 3 orang
d. 4 orang
a. 1 orang
b. 2 orang
c. 3 orang
d. 4 orang
8.
Fungsi dari tanda (“...”) adalah ....
a. untuk menunjukkan pelaku percakapan
b. untuk tanda penghubung
c. untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan
d. untuk mengakhiri percakapan
a. untuk menunjukkan pelaku percakapan
b. untuk tanda penghubung
c. untuk mengapit petikan langsung yang berasal dari pembicaraan
d. untuk mengakhiri percakapan
9. Kata tanya “Kapan” menunjukkan maksud ....
a. Menanyakan tempat
b. Menanyakan waktu
c. Menanyakan orang
d. Menanyakan alasan
a. Menanyakan tempat
b. Menanyakan waktu
c. Menanyakan orang
d. Menanyakan alasan
10. Hal utama sebelum melengkapi teks percakapan yang belum selesai, kita
harus ....
a. Menulis percakapan tersebut
b. Membaca percakapan tersebut.
c. Memahami isinya.
d. Mendengarkan percakapan tersebut.
a. Menulis percakapan tersebut
b. Membaca percakapan tersebut.
c. Memahami isinya.
d. Mendengarkan percakapan tersebut.
0 comments:
Posting Komentar